Tomat Sayur atau Buah?

                                            

Tomat seringkali menjadi perdebatan di masyarakat. Mengapa? banyak masyarakat yang mempertanyakan masuk kedalam jenis apakah tanaman ini, apakah sayur? atau buah? sebelum menacari tahu hal tersebut, mari kita caru tahu perbedaan antara sayur dan buah?

Perbedaanya dibagi menurut klasifikasi botani dan rasanya. Dilihat dari klasifikasi botani yaitu dari struktur dan fungsi tanamannya. Buah terbentuk dari bunga, memiliki biji dan membantu proses reproduksi tanaman. Sedangkan sayuran, terbentuk dari akar, batang, daun dan bagian tambahan lain dari tanaman.

Sedangkan untuk rasanya, bauh memiliki tekstur lembut ditambah rasanya manis atau agak asam. Berbeda dengan sayur bertekstur lebih keras dan rasanya kebanyakan hambar atau agak pahit.

Dengan klasifikasi tersebut, termasuk jenis apakah tomat?

Jika dilihat dari ilmu botani atau pengetahuan, tomat adalah buah. Menagapa? mari kita lihat ciri ciri yang ada pada tomat. Tomat memiliki biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Yang dimana hal ini sesuai dengan  klasifikasi botani buah.

Namun tak sedikit juga yang menggap bahwa tomat adalah sayuran. Jika kita lihat dari segi kuliner, tomat adalah sayuran. Mengapa? dalam dunia memasak atau kuliner, tomat biasa digunakan untuk menghasilkan suatu hidangan. Jadi tak heran tomat sering dianggap sayuran.

Lalu apakah tomat itu buah atau sayur? Jawabannya adalah keduanya, tergantung dari sudut pandang mana anda ingin melihatnya.
Kendati begitu, tomat tidak sendiri. Beberapa bahan pangan lainnya, seperti timun, labu, kacang polong, paprika, terong, sampai okra pun kerap diperdebatkan statusnya, tergolong buah atau sayuran.

BIROMARU F1
BIROMARU F1

GRAND SAKINA F1
GRAND SAKINA F1

NATAMA SUPER F1
NATAMA SUPER F1


KLIK LINK DIBAWAH INI, DAPATKAN BENIH TOMAT BERKUALITAS!!



Comments

Popular Posts